Trik Renovasi Kamar Mandi

Standar

Yuk, jadikan kamar mandi lebih nyaman untuk relaksasi seusai aktivitas melelahkan.

Sekujur tubuh pegal disertai peluh bercucuran adalah hal biasa seusai beraktivitas seharian. Tempat pelarian yang paling pas biasanya adalah kamar mandi, di mana Anda bisa menyegarkan kembali badan dan pikiran.

Kebersihan kamar mandi jadi penting untuk diperhatikan, karena itu adalah penanda kebersihan sang penghuni. Bayangkan, jika kamar mandi Anda jauh dari rasa nyaman karena kotor, pengap, penuh karat, dan licin. Sungguh tak indah, kan?

Padahal, memberikan sentuhan baru pada kamar mandi (atau jika perlu merombaknya) sungguh mudah. Ikuti saja trik yang dibeberkan Andi Pratama, arsitek dari ANDParchitect.

Benahi & Cek
Tak masalah jika kamar mandi yang dimiliki di rumah adalah kamar mandi basah atau kamar mandi kering, sebab yang pertama kali harus dibenahi adalah sirkulasi udaranya.

“Dan jika memungkinkan, sinar matahari bisa masuk baik langsung atau tidak,” ujar Andi. Jika dua unsur ini optimal, kamar mandi akan menjadi lebih higienis dan tidak pengap.

Yang juga harus diperhatikan adalah kondisi pipa-pipa lama yang ada, apalagi jika selama ini menggunakan air panas. Semata-mata untuk menghindari kebocoran tatkala renovasi dilakukan atau akibat usia pipa yang sudah tua.

Kini, sistem pipa pada kebanyakan rumah masa ki­ni meng­­gunakan pi­pa berbahan PVC (polyvinyl chloride) untuk air dingin, karena kuat dan tahan lama. “Kalau dulu pakai pipa besi, tapi sekarang lebih baik bisa diganti dengan yang berbahan PVC,” ujar pria yang sering menulis di berbagai media ini.

Pilah Pilih Lantai
Siapa pula yang mau terpeleset di kamar mandi? Tentu tak ada yang bersedia, kan? Nah, untuk menghindari kejadian semacam ini, gantilah lantai yang digunakan dengan yang bertekstur kasar.

“Tapi tidak sampai membuat telapak kaki sakit, lho!” tambah alumnus Universitas Indonesia ini. Salah satu cirinya adalah permukaannya tidak mengilap. Jika kamar mandi tidak terlalu luas, atur tata letak lantai dengan pola memanjang.

Salah satu jenis ubin yang paling populer di kamar mandi adalah keramik. Pasalnya, mudah dipasang, gampang dibersihkan, tak cepat rusak, dan tahan air. Pemilik rumah juga punya lebih banyak pilihan, karena keramik tersedia dalam berbagai warna, bentuk, dan pola. Pilihan lain yang lebih praktis dan murah adalah vinyl dan laminasi.

Efek Main Warna
Cipratan air, lama-lama bisa membuat pengelupasan cat pada dinding. Untuk menghindarinya, poles kembali cat dinding kamar mandi dengan yang berbahan dasar air. Kecuali, jika sirkulasi udaranya bagus, opsi lainnya adalah cat minyak yang memang lebih tahan banting meski sering terkena air. “Sekali lagi, perhatikan pelaksanaannya, dan pengudaraannya harus baik!” tegas Andi.

Andi mencontohkan, pilihan warna cat untuk dinding kamar mandi dengan kombinasi abu muda dan tua, “Ada aksen putih agar kamar mandi tak terlalu terlihat cepat kotor,” ujar pria yang sempat mengajar di Universitas Tarumanegara ini.

Permainan warna lampu juga sah-sah saja diaplikasikan, “Misalnya pilih lampu yang sinarnya cenderung kuning, agar ada nuansa gelap dan terang.” Atau pada plafon, pilihlah warna yang lebih gelap daripada warna dinding, “Agar terlihat lebih tinggi.”

Tempat Relaksasi
Apabila kamar mandi yang digunakan masih menggunakan bak mandi, Andi punya trik untuk menyiasatinya agar lebih praktis. “Saya biasanya membuat bak kurang lebih seukuran 2 ember air, dengan kedalaman yang mudah dijangkau, kurang lebih 30x50x30 cm saja,” paparnya.

Alasannya, bak dapat diisi air panas ketika pemakainya memerlukan mandi air panas, dan ketika akan dikuras tidak memboroskan tenaga dan biaya. Sementara untuk bahan baku bak, Andi menyarankan menggunakan marmer atau dicat menggunakan cat khusus, sehingga tampak lebih bagus.

Jika ingin menambahkan fungsi relaksasi di kamar mandi, perhatikan luas kamar mandi. “Jika luasannya kecil, tambahkan area duduk di area mandi. Jika kamar mandi cukup besar bisa dengan menambahkan bathtub atau jacuzzi,” urai penggemar fotografi ini. Jika ingin kamar mandi tampak lebih luas dan memiliki area basah dan kering, triknya adalah dengan menggunakan kaca clear (bening).

Siasat Ganti Kloset
Merenovasi kamar mandi memang tak semudah merenovasi ruang tamu atau kamar tidur. Pasalnya, struktur pipa dan listriknya tak bisa seenaknya diubah. Menurut Andi, lebih mudah mengganti toilet, jika kamar mandi berada di lantai 1 atau langsung berhubungan dengan tanah.

“Posisi kloset bisa dengan mudah dipindahkan semau pemiliknya,” ujarnya. Lain halnya, jika kloset berada di lantai 2 atau lebih tinggi. Ini lebih sulit karena posisi lubang sudah ditentukan di titik tertentu.

Maka, “Ketika ada rencana dipindahkan, harus betul-betul memperhatikan pembobokan lubang baru dan penutupan lubang lama. Sebab, akan menjadi sangat risakan dan berpengaruh terhadap kebocoran pada ruang di bawahnya” urai Andi panjang lebar. (Tabloid Nova/Astrid Isnawati)

Sumber : Tabloid Nova

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s