Renault Zoe, Mobil yang Dapat Mengikuti Suasana Hati Pengemudi

Standar

OMPAS.com — Salah satu dari empat mobil listrik yang dipajang Renault di Frankfurt Motor Show saat ini, yang cukup menarik adalah Zoe. Pasalnya, konsep mobil ini desainnya berbeda dibandingkan dengan yang sudah ada.

Penampilannya mirip dengan cross-over masa kini. Uniknya, mobil ini tak punya kaca belakang. Untuk memantau suasana di belakang, digunakan dua kamera hemat energi yang berfungsi sebagai mata. Gambar selanjutnya ditayangkan pada spion dalam. “Dijamin tak ada blind spot,” jelas Renault dalam rilisnya. 

Eksterior. Fitur eksterior Zoe, spoiler belakang nongol dan befungsi sebagai sayap ketika melaju di atas 90 km/jam. Tugasnya, meningkatkan efisiensi aerodinamika. Spoiler tersebut ditaburi dengan LED yang berfungsi sebagai lampu rem dan didesain menyatu dengan sirip-sirip hiu atap mobil.  

Atap, difungsikan sebagai membran pelindung agar penumpang tetap segar dalamnya. Tepatnya mencegah panas atau suhu rendah merambat ke interior. Malah energi yang terbuang dari sistem penyegar udara dapat diambil lagi melalui sel photovoltaic sarang lebah.

Di depan dan belakang, Zoe dilengkapi dengan polyurethane gel untuk melindungi lampu berupa diode elektroluminesen hemat energi (electroluminescent diode) yang mengeluarkan cahaya biru.

Gel tersebut ternyata kulit kedua dari mobil. Tugasnya, melindungi komponen bodi yang mudah rusak bila kena benturan. Juga ada saluran udara pada kedua sisi mobil untuk mendinginkan baterai. Udara dilepas melalui dua kanal belakang dengan ukuran besar.

Tak kalah unik dan menarik adalah cara membuka pintu depan dan belakang. Pintu depan membuka dengan gerakan model gunting, sedangkan pintu belakang model kupu-kupu. Pintu belakang ini bila terbuka dapat digunakan memasukkan barang berukuran besar ke bagasi.

Interior. Desain dudukan kursi depan mobil ini tidak lazim alias unik. Bentuknya mirip mangkok dan tidak simetris. Tempat duduk belakang malah dicantolkan ke atap dan dapat dilipat mendatar.

Dashboard rapi dan bersih. Sebagian interior dilapisi dengan membran mirip mineral. Untuk mendapatkan informasi dan kontrol lainnya, digunakan layar sentuh TFT berukuran cukup lebar yang ditempatkan di dalam gelembung kaca.

Suasana Hati. Pusat informasi menayangkan berbagai informasi, antara lain data navigasi, indikator pengisian baterai dan jarak tempuh untuk energi baterai yang tersisa. Suasana interior dapat disesuaikan dengan selera. 

Pencahayaan interior bisa sesuai dengan suasana hati (mood)  dan dipilih secara otomatis melalui sensor yang mengubah warna cahaya sesuai dengan pakaian pengemudi.

Informasi dipresentasikan dengan sebuah avatar yang ditampilkan pada layar TFT. Avatar dapat menyesuaikan diri dengan selera pengemudi (pria, wanita, dan dapat diunduh dari internet) yang memberikan informasi kondisi lalu lintas dan rute. Juga dapat menunjukkan tempat pengisian baterai terdekat.

Juga ada kunci hands free yang dapat dipersonafikasi. Caranya dengan memasukkan chip sesuai pilihan pembeli, misalnya fitur kunci otomatis pintu dan mesin.

Bantu Konsentrasi. Sistem AC dilengkapi dengan fungsi hidrat, detox, dan wangian-wangian aktif. “Pokoknya, kendati pengemudi dan penumpang mobil ini telah melakukan perjalanan jauh, kesegaran mereka tetap terjaga. Bahkan, ibarat orang baru saja keluar dari spa,” jelas Renault tentang fitur terakhir. Hebat betul!

Hidrat berupa semprotan kabut dengan zat aktif khusus untuk me-rehidrat kulit. Aromanya menimbulkan sensasi yang menyenangkan.

Detox adalah sensor toksik yang memantau kualitas udara, menutup ventilasi bila diperlukan, menyaring zat berbahaya, dan membuat kulit jadi segar. Selanjutnya adalah aroma aktif yang bekerja secara elektrik. Alat ini mengembuskan aroma wangi sesuai dengan mood atau suasana hati pengemudi saat itu.

Menurut Renault, dengan cara ini bisa menciptakan suasana tenteram pengemudi dan meningkatkan konsentrasi mengemudi di malam hari. Ketiga fungsi tersebut dikembangkan bersama dengan Biotherm®, dari Divisi Produk Mewah L’Oréal.

Sumber Penggerak. Mobil ini menggunakan motor listrik yang dapat menghasilkan tenaga 70 kW dan torsi 226 Nm. Penampilannya gagah karena menggunakan roda ban 21 inci. Dipastikan bisa dimuat empat penumpang dewasa dan nyaman untuk perjalanan luar kota.

Untuk pengisian baterai ada tiga opsi: standar, 4-8 jam; cepat, hanya dalam 20 menit; dan sistem Quickdrop hanya tiga menit. Hebat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s