Tips membakar 500 Kalori per hari

Standar

VIVAnews – Metabolisme Anda dapat membenamkan kurang lebih 200 kalori setiap harinya sejak usia 20-an. Jika jeans dipakai mulai mengetat, Anda tidak perlu panik. Mulailah mencoba pendekatan yang lebih cerdas untuk menghilangkan lemak sambil membentuk otot untuk menjaga berat badan dan tetap bugar.

Berikut ini tujuh tips yang bisa membantu metabolisme Anda lebih baik, bahkan ketika sedang tidur, dan mampu membakar hingga 500 kalori per hari. Seperti VIVAnews kutip dari Prevention, 26 September 2009, jumlah itu cukup untuk mengurangi berat badan Anda hingga dua kali lipat bulan ini.

Olahraga atau beraktivitas di luar (terutama saat cuaca berangin)
Sebuah riset menemukan bahwa seseorang mampu membakar hingga 10 persen lebih banyak kalori ketika mereka berjalan atau berlari di luar ketimbang treadmill di ruangan ber-AC.

Di samping lebih banyak energi yang digunakan untuk mendorong diri Anda di atas tanah, cuaca berangin sedikit banyak juga membantu. Pasalnya, dengan sedikit melawan angin atau elemen-elemen lain di udara, hal itu juga membantu Anda membakar lebih banyak kalori.

Selalu pemanasan
Mungkin Anda selalu ingin melewatkan langkah satu ini untuk menghemat waktu. Tetapi, sebenarnya Anda telah melewati satu momen pembakaran kalori. Padahal, menurut ahli fisiologi Pennsylvania State University, pemanasan perlu untuk meningkatkan suhu tubuh inti Anda dan meningkatkan enzim pembakar lemak.

Untuk setiap derajat suhu tubuh yang naik, maka tingkat metabolisme di dalam sel-sel Anda meningkat sekitar 13 persen. Pemanasan selama sedikitnya lima menit secara bertahap diperlukan untuk meningkatkan denyut jantung, distribusi darah ke otot kerja Anda, memperlancar pernapasan Anda, dan mendapatkan dorongan maksimum dalam metabolisme sekaligus membakar kalori.

Sita waktu 12 menit untuk latihan keras
Untuk benar-benar mengurangi berat badan, setidak-tidaknya Anda perlu menyita 12 menit (di luar pemanasan) secara berkala melakukan kegiatan intensitas tinggi (di mana Anda bernapas agak keras) sekurang-kurangnya empat hari seminggu.

Itulah waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan efek latihan, yang mampu meningkatkan kemampuan tubuh Anda dalam mengoptimalkan oksigen dan menghasilkan lebih banyak enzim pembakar lemak

Latihan dengan interval
Kalori maupun lemak akan lebih banyak terbakar ketika seseorang melakukan latihan dengan interval, atau memiliki waktu jeda, ketimbang latihan keras sesekali.

Sebuah studi yang diadakan oleh College of New Jersey terhadap 48 pria dan wanita, ditemukan bahwa mereka yang naik sepeda dengan intensitas tertentu, seperti mengayuh hanya sedikit lebih keras selama lima menit dan kemudian sedikit lebih santai selama lima menit kurang lebih setengah jam latihan, mampu membakar sekitar 15 persen kalori lebih banyak ketimbang rekan-rekan mereka yang mengayuh sepeda secara konstan selama 30 menit.

Sisihkan 1 jam seminggu sekali
Menurut salah satu riset kecil yang dilakukan para peneliti di University of Victoria di British Columbia, ditemukan bahwa orang-orang yang berlatih selama 60 menit bisa membakar hampir lima kali lipat kalori daripada orang-orang orang-orang yang hanya menyita 30 menit aktivitasnya.

Angkat halter (barbel) berat
Misalnya, bagi Anda yang terbiasa mengangkat beban seberat 5 kilogram selama 10 kali, cobalah untuk mengangkatnya dua kali lipat, karena itu mampu membakar kalori sekitar 25 persen lebih banyak.

Pasalnya, beban yang lebih berat akan membuat protein di otot Anda hancur, sehingga tubuh Anda membutuhkan energi lebih banyak untuk memulihkannya. Begitulah kira-kira jaringan otot Anda dibangun.

Bergerak lebih sepanjang hari
Anda dapat membakar hingga 350 kalori setiap harinya, yang mana cukup untuk “membuang” lebih dari 35 pound atau 15 kilogram tahun ini, hanya dengan berjalan-jalan. Hal ini bisa Anda lakukan sambil ngobrol di telepon, sambil berbincang-bincang dengan rekan kerja Anda di kantor, atau berjalan kaki suatu lokasi penugasan yang jaraknya tak terlalu jauh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s