Melatih Anak menggunakan Toilet

Standar

JIKA Anda bertanya-tanya kapan waktu yang tepat untuk melatih anak menggunakan toilet, hasil studi Dr Joseph Barone dari Rumah Sakit Anak Bristol-Myers Squibb di New Jersey, AS, mungkin adalah jawabannya. Menurut studi Dr Barone, usia 27-32 bulan adalah saat yang ideal untuk membiasakan anak hidup tanpa popok.

Tim Dr Barone menanyai para orang tua dari 157 anak berusia 4-12 tahun yang masih mengompol lalu dibandingkan dengan data dari 58 anak sebaya yang sudah tidak mengompol. Tim peneliti menemukan anak-anak yang dilatih menggunakan toilet setelah melewati usia 32 bulan lebih berpeluang masih mengompol saat berumur antara 4 dan 12 tahun. Namun mengajarkan anak untuk buang air di toilet saat usia kurang dari 27 bulan juga berpotensi besar tidak berhasil.

Ada tiga teknik yang dapat digunakan para orang tua. Pertama, menunggu hingga anak menunjukkan kesiapan dan membiarkannya memimpin proses tersebut. Kedua, pelatihan dimulai ketika orang tua siap dan mau repot membawa anak ke toilet secara teratur. Ketiga, kombinasi antara kedua teknik tersebut. (EP/HealthDay News/X-4)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s