Bekal Makanan Sehat untuk si Kecil

Standar

SI kecil hari ini pulang agak siang karena ada tambahan les musik. Menunggu waktu les tiba, perutnya pasti keroncongan karena makanan yang dikonsumsinya tadi pagi sudah habis untuk energi selama belajar di sekolah. Bekal apa yang pas untuknya?

Sebagai orangtua yang berkewajiban memenuhi gizinya, Anda ingin menyiapkan bekal makan siang. Tapi Anda tentu paham, tidak mudah menyiapkan kotak makan siang yang menarik dan lezat untuk si kecil.

Penelitian dari University of Leeds telah menunjukkan bahwa hanya satu persen dari anak-anak sekolah dasar membawa bekal makan siang yang memenuhi standar gizi yang ditetapkan untuk seusia mereka.

Tidak ada yang mengharuskan Anda menjadi ahli nutrisi untuk bisa menakar kadar gizi suatu makanan. Kebanyakan pakar kesehatan akan sepakat bahwa menyeimbangkan makanan dengan sesuatu yang disukai dengan kurang disukai si kecil sangat penting untuk menjaga kesehatannya.

Berikut, The Sun memberikan lima pilihan bekal makan siang sebagai titik awal yang baik bagi Anda untuk memberikan makanan bergizi. Berbagai makanan berikut mungkin tidak memenuhi segala kebutuhan gizi, tetapi masing-masing memiliki lima elemen kunci yang sepatutnya kita pertimbangkan.

Jenis makanan dimaksud adalah daging, ikan, telur, keju, dan kacang-kacangan untuk membangun protein tubuh. Karbohidrat sehat, seperti roti, pasta, atau tortilla wrap untuk memberi energi. Sumber kalsium untuk membangun tulang seperti yogurt.

Jangan lupakan pula berbagai jenis buah-buahan dan sayuran, setidaknya masing-masing satu jenis, dan minuman sehat. Berikut susunan menu yang bisa Anda sajikan:

1. Roti pitta roti diisi ikan tuna mayones (gunakan mayones ekstra rendah lemak) dengan ketimun cincang halus. Siapkan pula yogurt buah, satu buah jeruk, dan minuman jus jeruk.

2. Sandwich daging ham dengan perbandingan roti 50:50 (satu lembar roti putih dan selembar lainnya roti gandum) dengan tomat ceri. Siapkan pula satu buah apel, sepotong kecil keju, dan segelas air.

3. Satu buah tortilla wrap diisi dengan ayam, irisan ketimun, dan jagung manis yang dicampur dengan krim rendah lemak. Siapkan pula satu buah pear, dan segelas air.

4. Satu buah roti isi selai kacang, irisan tomat, dan daun selada. Siapkan pula satu buah pisang, yogurt buah, dan jus jeruk.

5. Salad pasta saos pasta, udang, dan tomat cincang. Siapkan pula segenggam kacang almond dan jus jeruk. (ftr)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s