Mengajarkan Anak Disiplin dengan Sistem Bonus

Standar

KOMPAS.com – Menghukum anak saat melakukan kesalahan dengan memberi “time out” seperti yang diajarkan Nanny 911 tak sepenuhnya berhasil dan mendidik. Namun Anda bisa menerapkan sistem bonus untuk membuat anak balita untuk ikut aturan di rumah seperti jam tidur, waktu makan, atau menaati tatakrama.

Cara ini berhasil diterapkan oleh Sarah Sechan, pemain film dan MC, kepada anaknya, Rajata (5), sejak usia 3 tahun.

click to enlarge

Pada usia 3 tahun anak sudah mulai mengerti berkomunikasi dengan orang dewasa, namun masih perlu bantuan visual. Memberikan bonus saat anak berbuat baik atau mengikuti aturan di rumah, akan menumbuhkan tanggung jawab kepada anak.

Sarah mencontohkan, berikan satu bintang jika anak mau merapikan mainannya sendiri. Berikan lagi satu bintang jika anak melahap habis makan siangnya. Pada akhir minggu, hitung jumlah bintang dan berikan hadiah sederhana, seperti cokelat (yang tidak mudah didapatnya setiap hari), atas perilaku baik anak selama seminggu penuh.

“Anak belajar berdisplin dengan cara menyenangkan dan positif, dibandingkan dengan memberikan hukuman apalagi dengan memukul saat anak tak mau makan misalnya,” papar Sarah, usai menghadiri konperensi pers “100% Nutrisi untuk Buah Hati” yang diadakan MeadJohnson di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Mantan VJ MTV ini mengaku Rajata tumbuh menjadi anak yang berempati tinggi di sekolahnya. Sebagai ibu, Sarah ingin menumbuhkan bahwa segala sesuatu bisa didapatkan seseorang dengan melakukan sesuatu. Misalnya, kesenangan (hanya dengan mendapat lolipop misalkan) hanya bisa didapat dengan berusaha lebih dahulu.

Menjelang usia 5 tahun, normalnya anak sudah mulai mengerti bahasa verbal dan tak perlu lagi menerapkan sistem bonus. Karenanya, lanjut Sarah, sistem bonus bisa dihentikan saat anak berusia 5 tahun. “Rajata sudah mengerti dan bisa memahami lewat komunikasi langsung,” katanya.

Mau coba cara Sarah? Pastikan Anda sebagai orangtua bisa berdisiplin dengan tidak memberi jajanan enak yang disukai anak-anak setiap hari. Jika setiap minggu Anda memberikan bonus jajanan yang sama, upaya ini tak akan berhasil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s