Langkah Atasi Keringat Berlebihan

Standar

KERINGAT berlebih merupakan masalah yang sangat mengganggu kenyamanan dan penampilan. Langkah awal untuk mengatasinya, terang Dee Anna Glaser, MD, dari St. Louis University, adalah berkonsultasi dengan dokter.

Hal ini untuk menentukan apakah masalah Anda dipicu oleh gangguan kesehatan lain atau tidak. Jika dokter tidak menemukan gangguan kesehatan apa pun, berikut beberapa langkah lain yang bisa Anda coba:

Hentikan keringat berlebih

Beralihlah ke deodoran dan antiperspiran yang lebih kuat. Beberapa produk ini hanya dijual dengan resep dokter. Tapi, ada juga beberapa yang dijual bebas di apotek.

Gunakan deodoran di malam hari.”Sebagian besar deodoran ini bekerja paling baik di malam hari,” terang Glaser, seperti dikutip situs webmd.com. Kandungan aktif di dalamnya bisa masuk ke dalam saluran keringat dan menyumbatnya.

Jika Anda menggunakan di pagi hari, saat volume keringat umumnya tinggi, komponen aktif tersebut akan terbawa oleh keringat. Selain itu, menggunakan deodoran di malam hari, menurut Glaser, bisa mengurangi iritasi.

Berkeringat saat olahraga

Kenakan pakaian yang menghambat keringat. Pilihlah kain yang ringan dan mudah dimasuki udara, seperti katun.

Pakai sekali. Jangan mengenakan pakaian yang telah basah karena keringat. Cobalah mengeringkan terlebih dahulu.

Sering-sering ganti alas kaki. Jika kaki Anda berkeringat, pastikan sering-sering mengganti sepatu dan kaos kaki.

Gunakan bedak. Taburkan bedak ke kaki Anda untuk meminimalkan jumlah keringat.

Berkeringat saat kerja

Pastikan membawa deodoran dan antiperspiran. Gunakan kembali di pertengahan hari atau sebelum mengikuti pertemuan yang membuat Anda stres.

Pakailah kaos dalam. Cara ini bisa membantu menyerap keringat.

Pilihlah pakaian yang lebih longgar. Semakin ketat pakaian, semakin panas pakaian tersebut. Pilihlah pakaian yang lebih longgar seperti linen. Kain sutera, menurut Eric Schweiger, MD, dari Mt. Sinai School of Medicine, perlu dihindari karena akan membuat Anda semakin panas.

Jangan lupa sapu tangan. Dengan mengantongi sapu tangan, Anda bisa menghapus kelebihan keringat sebelum berjabat tangan.

Hindari makanan pedas saat makan siang. Mengonsumsi makanan tertentu, seperti cabai, bisa memengaruhi jumlah produksi keringat. Selain itu, makanan lain, termasuk bawang putih dan bawang merah, bisa memperburuk aroma keringat. Karena itu, cobalah menghindarinya saat makan siang di kantor.

Berkeringat hingga menembus baju

Baca label pakaian. Pilihlah pakain dengan label yang menyebutkan bahwa kain tersebut bisa menghisap cairan. Atau pilihlah kain dengan kandungan katun tinggi.

Bijak pilih warna. Warn putih, terang Schweiger, akan membuat keringat terlihat lebih jelas. Karena itu, ada baiknya memilih warna lain.(MI)

2 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s