Pil KB memperpanjang Usia Wanita

Standar

TEMPO Interaktif, London – Penggunaan pil dalam mengikui program Keluarga Berencana (KB), ternyata tak cuma membantu para wanita mengatur kehamilannya. Tapi turut membantu membangun kekebalan tubuh hingga tahan dari berbagai serangan penyakit.

Kesimpulan ini diperoleh dari riset yang digelar Universitiy of Aberdeen, Skotlandia. Mereka mengobservasi sekitar 46 ribu perempuan Inggris sejak tahun 1968. Observasi itu membandingkan angka kematian pada perampuan yang mengkonsumsi pil KB, dan yang tidak. Penelitian ini dilaporkan kepada British Medical Journal, Jum’at pekan lalu.

Hasilnya, pil KB mengurangi risiko para wanita diserang kanker usus sebesar 38 persen, dan dari serangan penyakit lainnya sebanyak 12 persen. Para wanita itu umumnya mengkonsumsi pil kontrasepsi selama empat tahun. Perempuan yang bertahan atas serangan berbagai penyakit ini, umumnya berusia 50 tahun lebih.

“Para Wanita di generasi dulu yang menggunakan pil kontrasepsi, yakin dengan hasil kami ini,” kata Philip Hannaford dari University of Aberdeen di Skotlandia, yang memimpin studi penelitian ini.

Selain kanker usus, pil KB juga diperkirakan mampu melindungi perempuan dari kanker ovarium dan endometrium. Meski pil ini juga berisiko meningkatkatkan peluang kanker payudara dan kanker leher rahim.

Apa pasal? Pil KB ini diperkirakan mampu membantu kemampuan tubuh perempuan karena berisi hormon sintetis yang menekan ovulasi. Meski demikian, penelitian ini tidak menyebut kepastian penyebab keampuhan pil itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s