Berhenti Merokok Perlahan

Standar

Birmingham – Menghilangkan kebiasaan merokok secara total dalam waktu singkat mungkin sulit bagi sebagian orang. Berhenti merokok secara bertahap akan berhasil dengan baik.

Peneliti dari The Cochrane Colla boration, sebuah organisasi nirlaba di Inggris, mengevaluasi sepuluh studi yang melibatkan 3.760 peserta.

“Semua peserta diminta untuk memilih atau diberi hari berhenti merokok, entah mereka berhenti secara bertahap atau tiba-tiba,” kata Nicola Lindson, peneliti dari Pusat Pengkajian Pengendalian Tembakau pada Universitas Birmingham, Inggris, yang memimpin kajian ini. Kata Lindson, berhenti secara bertahap dan secara tiba-tiba sama-sama sukses.

Studi ini membedakan perintah yang diberikan kepada partisipan bagaimana mereka mengurangi jumlah batang rokok. Sebagai contoh, satu studi meminta mereka mengurangi kebiasaan merokok sampai 50 persen selama empat pekan dan kemudian berhenti total. Pada studi lain peserta diminta untuk mengurangi lima sampai sepuluh batang rokok per pekan selama lima minggu sampai mereka tidak merokok sama sekali.

Lindson mengatakan perokok mungkin mendapatkan manfaat dari memilih lebih dari satu metode agar berhasil, seperti kombinasi mengurangi atau berhenti tiba-tiba ditambah dengan terapi menghilangkan nikotin.

Penelitian sebelumnya, dilakukan ilmuwan dari Universitas California di San Francisco pada akhir 2007, menemukan strategi baru dalam memangkas kecanduan nikotin, yakni dengan cara menyediakan perokok dengan rokok yang kandungan nikotinnya dikurangi secara berangsur-angsur dalam beberapa minggu. Dengan cara ini, perokok akan merasa lebih mudah untuk berhenti, dan perokok pemula bisa menghindari kecanduan. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s