10 Pekerjaan Internet

Standar

Metrotvnews.com, Jakarta: Bosan dengan rutinitas pekerjaan yang mengharuskan Anda datang di kantor setiap hari? Anda bisa memilih pekerjaan lain yang tidak menuntut Anda pergi ke kantor dan tampil formal.

Bukan bidang pekerjaannya yang harus diganti, melainkan metode kerjanya. Jika Anda adalah seorang desainer misalnya, tetap tekuni bidang tersebut. Strateginya saja yang perlu dialihkan, sehingga Anda tidak perlu ngantor tiap hari.

Syaratnya cukup masuk akal. Selain menguasai suatu bidang keahlian, “persenjatai” diri dengan komputer (berikut software dan aplikasi penunjang) dan koneksi internet. Anda pun siap bekerja di mana saja, bahkan di tengah mall atau di bawah langit sekalipun. Berikut 10  pekerjaan tanpa ngantor yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Akunting/Tenaga Pembukuan

Pekerja bidang ini bertugas memeriksa faktur, pengeluaran, gaji, pajak, dan pembayaran. Akunting bisa bekerja dari kantor virtual dengan memanfaatkan aplikasi khusus untuk mengakses file milik klien, memroses dokumen secara elektronik dan memanfaatkan layanan online banking.

2. Pelatih

Banyak orang yang berminat mengikuti pelatihan ketrampilan atau keahlian tertentu. Meski lazimnya pelatihan berlangsung dengan sistem tatap muka, ada juga yang mulai menggelar pelatihan secara virtual dan berkomunikasi melalui telepon, e-mail dan teknologi online lainnya.

3. Penyelenggara Kursus

Tugasnya adalah merancang kursus, baik secara online maupun offline. Penyelenggara kursus tidak harus menjadi pemberi materi dalam kursus yang digelar.

4. Customer Service (CS)

Pekerjaannya adalah menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pelanggan tentang produk dan layanan dari suatu perusahaan. Petugas CS bisa menghubungi pelanggan melalui e-mail, telepon, chatting dan jejaring sosial. Meski lazimnya pekerjaan ini dilakukan oleh karyawan perusahaan, pekerja lepas juga bisa menangani pekerjaan CS untuk perusahaan kecil yang tidak memiliki karyawan khusus di posisi CS.

5. Editor

Mengedit naskah, mempertajam tulisan dan memoles tata bahasanya. Banyak penerbit yang membutuhkan editor, banyak dari mereka yang berlokasi jauh dari kantor penerbit dan tidak diharuskan datang ke kantor. Semua komunikasi pekerjaan termasuk pengiriman hasilnya dilakukan secara online.

6. Desain Grafis

Pekerja di bidang ini menggarap project-project membuat, mendesain dan memodifikasi situs web, aplikasi berbasis web, brosur, pamflet, dan lain sebagainya. Banyak yang awalnya bekerja sebagai karyawan perusahaan, lalu dengan bekal keahlian dan networking yang dimiliki mereka lalu bekerja mandiri. Semua pekerjaan dan hubungan dengan klien bisa dilakukan secara remote.

7. Sales

Banyak orang yang membangun karir sebagai penjual produk melalui toko atau lelang online. Ada yang mengelola situs web yang berperan seperti perantara antara produk dan situs, mendapatkan uang melalui program-program afiliasi atau para sponsor situs.

8. Programmer

Bekerja membuat software atau sistem back-end sebuah situs web. Pekerjaan ini bisa dilakukan secara remote dengan memanfaatkan sarana komunikasi online.

9. Penulis

Keberadaan media online dan situs-situs organisasi makin berkembang. Tidak semua memiliki sumber daya untuk mengasuh konten. Menulis untuk berbagai situs, atau menulis artikel untuk dikirim ke media cetak, atau bahkan menulis buku, bisa dilakukan tanpa harus pergi ke kantor.

10. Online Community Manager

Tugasnya adalah mengelola komunitas, baik untuk bisnis maupun organisasi, dengan cara memfasilitasi, membuat konten, melakukan pendekatan-pendekatan dan melibatkan komunitas. Tak menutup kemungkinan satu pekerja menangani komunitas dari beberapa perusahaan sekaligus, dan semua bisa dilakukan dari jarak jauh dengan bantuan internet. (Sumber: webworkerdaily.com/internetsehat.com/DOR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s