Jangan beri Bayi Anda Madu

Standar

nggu, 6 Juni 2010 10:25 WIB

PARA orang tua diingatkan agar tidak memberikan madu kepada bayi mereka, terlebih setelah munculnya tiga kasus botulisme dalam beberapa tahun belakangan.

Botulisme adalah keracunan makanan yang disebabkan bakteri Clostridiubotulinum yakni satu-satunya mikroorganisme dengan spora yang tahan terhadap suhu tinggi. Bakteri ini baiasanya terdapat pada makanan dalam kaleng.

Anak berusia di bawah 1 tahun belum dapat bertahan dari bakteria botulisme yang bisa menyebabkan penyakit serius yang dapat berujung pada kelumpuhan, kata Badan Standardisasi Makanan (FSA). Dilaporkan, ada 11 kasus botulisme pada bayi dalam 30 tahun terakhir.

FSA menyatakan penyakit ini mungkin langka, tapi dapat menjadi hal yang serius. Dalam tiga kasus botulisme terakhir, amat mungkin ketiganya berkaitan dengan madu. Kasus terkahir menimpa bayi berusia 15 minggu.

Botulisme disebabkan bakteri dalam bentuk dorman dan hidup di debu serta tanah yang terdapat dalam madu. Pada usus bayi yang belum berkembang, bakteri ini dapat berkembang dan menghasilkan toksin atau racun yang menyebabkan botulisme. Karena itu, orang tua disarankan agar tidak memberikan madu kepada bayi berusia di bawah satu tahun.

Meski botulisme pada bayi jarang ditemui, penyakit ini dapat menjadi serius karena menyebabkan pelemahan otot dan masalah pernapasan. Jika sudah pada tahap itu, bayi terpaksa menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Beberapa orang tua biasanya menggunakan madu sebagai pemanis untuk makanan bayi. Ahli nutrisi dari FSA, Sam Montel, menambahkan, “Untuk enam bulan pertama bayi hanya membutuhkan air susu ibu atau susu bayi formula. Urungkan niat Anda bila ingin memberikan madu pada bayi untuk meredakan batuk karena berisiko botulisme.”

“Bila sudah mengenalkan makanan padat bagi bayi Anda, sebaiknya hindari penggunaan pemanis. Juga, hindari memberikan mereka minuman atau makanan ringan yang manis. Itu akan menghindari mereka dari kerusakan gigi,” tambah Montel.(MI/ICH)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s