Bayi Anda Menggigit saat menyusui ?

Standar

Sebagai ibu, tentunya Anda ingin selalu memberikan yang terbaik untuk bayi Anda, dan ASI adalah pilihan utamanya. Apalagi jika Anda tak punya masalah dengan ASI yang mogok keluar atau ada keluhan medis lainnya, tentu Anda tak keberatan memberinya ASI eksklusif bukan?

Namun pada beberapa kasus, sang ibu mogok memberikan ASI, dikarenakan si bayi gemar menggigit puting ibunya. Alhasil, sang ibu ngambek dan memilih memberikan susu kaleng atau mengambil ASI dengan alat pompa.

Sebenarnya, menyusui bayi dengan ASI, tak hanya memberikan nutrisi sehat secara langsung pada bayi. Namun, juga menjalin kedekatan antara ibu dan bayi. “Si kecil suka sekali menggigit puting, dan malah pernah suatu kali saat saya menyusuinya, ia menggigit puting saya hingga berdarah. Saya langsung mengangkatnya agar ia tak terkontaminasi darah saya. Tak dipungkiri, saya kesal juga terhadapnya,” ungkap Ita, 32 tahun.

Nah, ibu, menyusui adalah tetap sangat penting bagi bayi kita. Dan sudah kewajiban kita memberikan yang terbaik baginya. Jika memang si kecil suka menggigit puting dan menimbulkan rasa sakit atau luka, kita bisa mengatasinya kok.

Adalah Amy Spangler, MN, seorang konsultan ahli dan member dari Breastfeeding.com mengatakan, “bayi memiliki rasa keingintahuan yang sangat besar, bahkan pada puting Anda. Karena ia masih belum mengerti, seringkali ia menganggap puting sebagai mainannya. Dan terkadang ia mengekspresikan perasaannya lewat gigitan. Sayangnya, ia justru menggigit puting Anda.”

Dalam mengatasi bayi, kita sebagai ibu harus mengajarkannya banyak hal dengan memberi contoh dan mengajaknya berkomunikasi. Ingat, walaupun belum bisa berbicara seperti Anda, bayi juga sudah bisa mengerti dan berkomunikasi dengan caranya sendiri.

“Pada umumnya, para ibu memberikan makanan padat terlebih dahulu sebelum memberi ASI. Atau memberi ASI, kemudian baru makanan padat. Mana yang benar? berikan makanan padat terlebih dahulu, kemudian baru ASI Anda,” tutur Amy.

Menurutnya, bayi menggigit karena terlalu lapar, marah atau hanya penasaran saja. Pastikan rasa laparnya dipuaskan oleh makanan padat terlebih dahulu, kemudian baru berikan ASI. Jika ia masih menggigit, lepaskan puting Anda dan katakan padanya hal tersebut tidak boleh dilakukan.

“Hendaknya jangan langsung memberinya ASI, tunda setidaknya 10-15 menit. Dengan demikian si bayi mengerti bahwa menggigit adalah sikap yang tidak baik. Jika ia masih nekat menggigit. Tunda selama 30 menit,” sambung Amy.

Memberikan makanan setelah ia menggigit, bagaikan memberinya award. Sehingga si kecil merasa bahwa hal itu diperbolehkan untuk dilakukan. Jadi, bersikaplah seolah ia memang sudah bisa diajak berbicara. Dan ajarkan sikap-sikap baik sejak dini. Selamat menyusui, para ibu.(Kpl/*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s