Cara Mengatasi Kecemburuan si Kecil pada Adiknya

Standar

wolipop – Jakarta, Kedatangan anggota keluarga baru seringkali mengakibatkan perubahan perilaku pada si kecil. Ia lebih cepat marah, kecewa, atau semakin aktif dan sulit diatur.

Tahukah Anda, mungkin saja itu cara si kecil untuk mengalihkan perhatian. Mungkin secara tak sadar, kini perhatian Anda tercurah penuh pada sang adik. Anak pertama Anda merasa tersisih dan cemburu.

Hal itu wajar terjadi, namun untuk menghindarinya, ada baiknya untuk menyiapkan mental si kecil dalam menyambut adiknya.

Sejak Anda mengandung, ajarkan dia bahwa kini posisinya adalah sebagai kakak. Biarkan ia menyentuh perut Anda dan berbicara pada ‘adiknya’.

Katakan padanya bahwa sebentar lagi keluarga Anda akan kedatangan anggota baru. Tapi jangan lupa untuk meyakinkannya bahwa posisinya tak akan tergantikan. “Kamu akan punya adik. Sekarang mama akan punya dua orang yang paling mama sayang di dunia ini,” kalimat-kalimat seperti itu bisa membuat hatinya tenang.

Saat si kecil berusaha menarik perhatian dengan menangis, merengek dan sebagainya, ulurkanlah tangan Anda. Jika Anda tengah menggendong adiknya yang masih bayi, sebaiknya titipkan ia pada suami, orang tua atau baby sitter Anda. Bayi Anda belum bisa mengerti mengenai ‘persaingan’ dengan kakaknya. Jadi lebih baik jaga perasaan si sulung lebih dulu, ketimbang Anda mendahulukan menggendong si bayi Anda.

Mengajak si sulung untuk mengurus adiknya juga bisa menghilangkan kecemburuan. Biarkan si sulung merasa bahwa adiknya membutuhkannya. Hal ini juga bisa merekatkan ikatan batin di antara keduanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s