Buah dan Sayur untuk mencegah obesitas dan diabetes

Standar

PAKAR kesehatan menganjurkan konsumsi lima takar buah dan sayur per hari untuk mencegah meningkatnya angka obesitas dan diabetes. Masalahnya, jam kerja yang panjang membuat aktivitas memenuhi anjuran ini menjadi sebuah tantangan. Pasalnya, jam kerja padat cenderung membuat Anda mencari makanan yang mudah diperoleh, umumnya terbuat dari karbohidrat.

Untuk membantu memenuhi anjuran lima takar buah dan sayur per hari, berikut beberapa cara yang bisa menjadi panduan Anda:

1. Smoothies
Cobalah meluangkan waktu 10 menit untuk membuat smoothies yang langsung bisa memenuhi anjuran lima porsi sehari. Sediakan dua kiwi, dua pisang, segenggam anggur, segenggam stroberi dan 250 mililiter jus apel. Paduan semua buah ini cocok dikonsumsi untuk sarapan atau setelah berolahraga. Anda juga bisa menambah bubuk protein whey atau bubuk spirulina. Paduan buah aneka warna ini menyediakan vitamin A, B2, B6, C, E, folat, niacin, kalium dan serat dalam satu sajian. Sama seperti smoothies buah, Anda juga bisa membuat smoothies sayuran.

2. Jadikan kudapan
Cobalah mengganti kudapan menjelang siang dengan makanan sehat. Wortel mentah, seledri dan sayuran renyah lainnya bisa membuat Anda kenyang sekaligus menghindari penurunan energi yang terjadi setelah mengonsumsi kudapan kaya gula.

3. Tambahkan buah saat sarapan
Menambahkan buah ke dalam sarapan merupakan salah satu cara cepat dan mudah meningkatkan asupan buah. Jika Anda mengonsumsi yogurt atau sereal untuk sarapan, taburkan segenggam buah ke dalam mangkuk. Pilihlah buah sesuai dengan selera Anda.
 
4. Gandakan takaran
Saat makan siang atau makan malam, cobalah menambah jumlah sayuran ke dalam piring Anda. Untuk memastikan Anda mendapatkan anjuran lima takar sehari, cobalah mengonsumsi dua sayur berbeda dalam sekali makan. Cara ini mendatangkan beberapa manfaat sekaligus. Dengan makan sayur dalam jumlah lebih besar, akan mengurangi ruang di piring untuk makanan lain (seperti nasi dan daging). Mengurangi makanan tinggi kalori bisa membantu menurunkan berat badan serta memperbaiki kesehatan secara umum.

5. Buah/sayuran beku dan kalengan juga masuk hitungan
Sayur dan buah yang telah dikalengkan atau dibekukan tetap mengandung nutrisi yang setara dengan sayuran segar. Sayuran beku lebih mudah diolah, sehingga mempermudah memenuhi asupan lima takar sehari. Jagung manis kalengan misalnya, bisa dipanggang dalam microwave dalam waktu kurang dari dua menit, dan sayuran beku bisa dikukus dengan cepat. (MI/BEY)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s