Si Kecil Muntah saat makan

Standar

detikcom – Jakarta, Saat diberi makan terkadang si kecil justru memuntahkan makanannya baik secara sengaja atau tidak. Saat kondisinya seperti itu orangtua akan bingung apakah harus menghentikan makannya atau melanjutkan makan kembali.

“Orangtua harus mempertimbangkan terlebih dahulu apa penyebab anaknya muntah saat makan apakah karena anak kekenyangan atau tidak suka dengan makanan yang diberikan. Kondisi ini biasanya paling sering terjadi saat anak mulai diperkenalkan dengan jenis makanan baru,” ujar dr Rifan Fauzie, SpA, saat dihubungi detikHealth, Jumat (20/8/2010).

Lebih lanjut Fauzie menambahkan jika penyebabnya adalah karena si kecil kekenyangan, misalnya baru habis minum susu dan jaraknya terlalu dekat sehingga lambung masih penuh maka sebaiknya dihentikan.

Tapi jika bukan karena kekenyangan, maka orangtua bisa tunggu beberapa saat sampai anak tersebut tenang kembali dan mulai memberikannya makan lagi. Karena bisa jadi anak muntah akibat ada gangguan saat menelan, bayi tidak suka dengan rasa atau makanannya sehingga dengan sengaja dimuntahkan.

Mengenai porsi makan yang harus diberikan bisa saja sama dengan porsi sebelumnya jika memang anak tidak mengalami keluhan lain, namun pemberiaannya harus secara perlahan-lahan. Satu hal yang pasti jangan memaksakan atau menjejalkan makanan pada anak, karena hal ini bisa menimbulkan trauma dan bisa saja anak akan selalu menangis setiap kali akan disuapi makanan.

“Kalau anak muntahnya hanya sesekali saja ya nggak apa-apa. Tapi kalau kejadianya berulang atau setiap kali anak makan, maka harus dievaluasi lebih lanjut karena jangan-jangan ada sesuatu,” ujar dokter yang berpraktek di RSAB Harapan Kita, Jakarta.

Fauzie menuturkan jika anak terlalu sering muntah saat makan, makanan baru masuk lambung sudah muntah kembali atau berat badan anak tidak naik-naik, maka hal ini sudah patut dicurigai. Karena bisa saja anak memiliki masalah pencernaan, infeksi saluran pernapasan atas yang akut atau infeksi pada saluran pencernaannya.

Selain itu orangtua seringkali mengaitkan anak yang muntah saat makan akibat masuk angin. Padahal dalam ilmu kedokteran tidak ada istilah masuk angin, dan itu hanya istilah awam saja.

“Gejala masuk angin seperti mual dan muntah bisa jadi sebagai tanda awal dari suatu penyakit, baik penyakit yang ringan ataupun berat. Karenanya orangtua harus memastikan terlebih dahulu apa penyebabnya,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s