Darah Golongan O Sulit Hamil

Standar

Ini bisa jadi kabar buruk bagi perempuan yang memiliki golongan darah O. Penelitian yang dilakukan Sekolah Tinggi Kedokteran Albert Einstein di New York menyatakan go longan darah mempengaruhi kemungkinan hamil pada perempuan.

“Pemilik darah O ternyata memiliki jumlah sel telur paling sedikit dan kualitasnya paling rendah,” ujar Kepala Peneliti Edward Nejat, seperti dikutip Telegraph, Senin (25/10).

Kesimpulan itu diambil setelah penelitian yang dilakukan terhadap sekelompok perempuan yang menjalani terapi kesuburan di dua tempat di New York.

Dari 560 perempuan dengan rata-rata umur di bawah 35, Nejat menemukan bahwa perempuan golongan darah O memiliki Follicile Stimulating Hormone atau FSH tertinggi. Pakar kesuburan meyakini tingginya hormon tersebut adalah indikator rendahnya kualitas dan kuantitas sel telur.

Perempuan dengan darah O punya kecendrungan memiliki FSH di atas 10, batas antara normal dan berlebih. Rata-rata FSH yang ditemukan di perempuan berdarah O dua kali lebih tinggi ketimbang perempuan dengan golongan darah lain.

Sebaliknya, perempuan bergolongan darah A dianggap sebagai yang paling mudah dibuahi. Menurut Nejat, orang dengan darah A memiliki antigen A, protein di permukaan sel yang tidak terdapat di sel darah O. “Golongan darah A tidak terpengaruh FSH,” katanya.

Temuan ini mendorong perempuan dengan golongan darah O untuk secepatnya berusaha mendapatkan bayi jika memang menginginkan. Mengingat jumlah sel telur dalam rahim akan berkurang seiring usia. Susan Seenan dari Jaringan Kesuburan Inggris menyambut baik penelitian ini. “Apa pun yang bisa membantu pasangan memperoleh keturunan merupakan kabar baik,” katanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s