3 Cara mengatasi Anak kecanduan Internet

Standar

Rabu, 27/10/2010 10:17 WIB

3 Cara Agar Si Kecil Tidak Kecanduan Internet

Amelia Ayu Kinanti : Wolipop

Bagi sebagian orang komputer dan internet sudah menjadi kebutuhan setiap harinya, begitu juga anak-anak. Terlalu sering mengakses internet bagi anak jelas dapat menyebabkan efek negatif, bagaimana menghindarinya?

Jika anak Anda termasuk salah satu anak yang sering menggunakan komputer dan internet, sebaiknya mulai perhatikan jam bermainnya. Jangan sampai internet memberikan dampak buruk bagi kehidupan pendidikannya atau kehidupan sosialnya.

Seperti yang dikutip dari sheknows, ada tiga buah hal mudah yang dapat membantu anak Anda kecanduan komputer dan internet.

1. Larang saat hari sekolah.
Selalu dahulukan kegiatan sekolah dan kegiatan setelah sekolah seperti olahraga dan bermain dengan temannya. Mulailah untuk melarang anak bermain dengan internet saat hari sekolah kecuali jika ia perlu mengakses beberapa situs untuk proyek sekolah, tentu saja dengan pengawasan Anda.

2. Satu jam bermain dengan komputer atau internet = satu jam belajar
Jika anak Anda benar-benar menikmati bermain dengan komputer dan internet, tidak masalah untuk memberikannya sedikit waktu. Pastikan waktu tersebut tidak mengganggu belajar dan kegiatan di luar rumahnya.

3. Berikan contoh yang baik.
Anak-anak sering meniru perilaku orang tua mereka. Jadi jika Anda ingin si kecil mengurangi waktu onlinenya, batasi juga waktu yang Anda habiskan di depan komputer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s