Nutrisi Pencegah Mual-Mual saat Hamil

Standar

detikcom – Jakarta, Kebanyakan wanita mengalami mual-mual dan terkadang juga muntah menjelang trimester pertama kehamilannya. Itulah gejala morning sickness yang begitu menyiksa. Tapi ada beberapa nutrisi dan makanan yang dapat meredakan morning sickness. Apa saja?

Dalam bahasa medis morning sickness disebut dengan nausea and vomiting of pregnancy, atau dalam bahasa Indonesianya yaitu mual dan muntah selama kehamilan.

Untuk sebagian wanita hamil, gejala tersebut terjadi di pagi hari dengan sangat parah dan mulai mereda menjelang siang. Namun gejala tersebut bisa muncul lagi kapan saja dan terjadi sepanjang hari.

Dilansir Livestrong, Sabtu (13/12/2010), berikut beberapa nutrisi yang dapat meredakan gejala mual dan muntah di pagi hari:

1. Keripik
Wanita hamil yang menderita morning sickness harus sering-sering makan untuk menghindari perut terlalu kenyang atau terlalu lapar, karena bila perut terlalu kenyang atau terlalu lapar mual dan muntah mudah terjadi.

Sediakan keripik didekat tempat tidur Anda dan makan beberapa ketika Anda baru bangun. Kemudian tunggu 20 menit sebelum turun dari tempat tidur. Makan keripik di tengah malam juga dapat membantu meringankan mual di pagi hari.

2. Jahe
Jahe telah lama dikenal dapat meredakan mual. Jahe segar dapat digunakan dalam makanan atau dikonsumsi langsung seperti teh jahe atau permen jahe.

3. Lemon
Buah ini meredakan rasa mual pada beberapa orang. Cairan lemon bisa diperas di atas makanan atau digunakan dalam minuman, seperti teh atau air, atau dibuat menjadi limun.

4. Makanan dingin
Makan makanan dingin bisa membantu menghindari bau yang dapat menyebabkan mual, karena bau makanan adalah salah satu pemicu umum mual selama kehamilan.

Yogurt, puding, saus apel dan sereal dingin beberapa item yang disarankan. Daging, ayam dan telur rebus adalah sumber protein yang baik yang bisa dinikmati dalam suhu dingin.

5. Makanan yang tidak berlemak
Makanan berlemak atau digoreng paling mungkin menyebabkan penderitaan bagi kebanyakan wanita hamil. Hindari makanan pedas atau makanan berminyak apapun yang dapat membuat Anda menjadi mual.

Makanan seperti sandwich, salad, kentang panggang, oatmeal, biskuit, yoghurt keju, buah atau sayuran merupakan makanan terbaik untuk mentolerir morning sickness.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s