Sertifikat Tanah

Standar

JAKARTA – Ketelitian dan perhitungan yang matang pada setiap aspek sangat dibutuhkan sebelum membeli rumah di perumahan. Tentu saja untuk menghindari kerugian Anda sebagai konsumen yang akan menggunakan rumah tersebut sebagai tempat huni bersama keluarga dalam waktu lama.

Selain menyangkut fisik bangunan, hal-hal lain yang menyangkut legalitas dan ekonomis rumah juga sangat penting untuk dipertimbangkan, sebelum memutuskan rumah mana yang akan dipilih. Untuk itu simak lanjutan faktor-faktor penting apa saja yang perlu diperhatikan, seperti yang dijabarkan berikut ini dikutip dari blog Rumahku
Idealku, Sabtu (21/1/2012).

Faktor Eksternal
Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan terkait dengan faktor eksternal ini adalah jarak dan waktu tempuh dari lokasi perumahan tersebut ke tempat aktifitas kita sehari-hari, tidak rawan kemacetan, dekat fasilitas umum, seperti rumah sakit, kantor pemerintah, dan lainnya. Juga tingkat polusi udara sekitar utamanya pada perumahan
yang dekat kawasan industri, dan pastikan sekali lagi bebas banjir.

Faktor Legal
Biasanya faktor legal terlupakan oleh kita saat memilih rumah idaman, padahal faktor ini sangat penting untuk diperhatikan. Hal-hal yang perlu diperhatikan disini adalah jenis sertifikat tanah yang diberikan, apakah Sertifikat Hak Guna Bangun (SHGB) atau sudah Sertifikat Hak Milik (SHM).

Teliti juga mengenai status tanah tersebut, jangan sampai terjebak membeli rumah di atas tanah sengketa atau yang sedang dijaminkan, dan perhatikan pula reputasi atau track record developer-nya, bisa dipercaya atau tidak.

Faktor Ekonomis
Akhirnya, setelah mempertimbangkan berbagai faktor di atas, faktor ekonomis inilah yang akan menentukan jadi atau tidaknya kita membeli rumah tersebut. Yang perlu jadi bahan pertimbangan adalah luas tanah dan bangunannya dibandingkan dengan harga yang ditawarkan serta kemampuan keuangan kita sendiri.

Utamakan memilih luas tanah yang lebih besar dengan harga yang sama meskipun luas bangunannya lebih kecil, karena cepat atau lambat Anda pasti akan merenovasi rumah yang ditempati. (rhs)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s