Candi Borobudur, Istana Tamansari, Stasiun Lempuyangan

Standar

TIDAK hanya Bali yang menjadi lokasi syuting film Hollywood terkenal. Tahun ini, Jawa Tengah dan Yogyakarta juga turut menjadi lokasi pengambilan gambar sebuah film berjudul “Java Heat”.

Film ini dibintangi oleh Mickey Rourke dan bintang film “Twilight”, Kellan Lutz. Film ini bercerita mengenai pengejaran sindikat internasional yang menculik putri Sultan Yogyakarta dan perhiasan milik keraton. Aksi pengejaran inilah yang berlangsung di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Tempat-tempat yang menjadi latar belakang film ini, antara lain Stasiun Leumpuyangan, Istana Tamansari di Yogyakarta, dan Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Stasiun Lempuyangan

Stasiun Lempuyangan adalah stasiun kereta api yang terletak di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, berjarak sekira 1 km di sebelah timur dari stasiun utama di kota ini, yaitu Stasiun Yogyakarta. Stasiun yang didirikan pada 2 Maret 1872 ini melayani pemberhentian semua KA ekonomi yang melintasi Yogyakarta.

Stasiun Lempuyangan beserta dengan rel yang membujur dari barat ke timur merupakan perbatasan antara Kecamatan Gondokusuman di utara dan Danurejan di selatan. Tidak seperti Stasiun Tugu yang merupakan stasiun utama di Yogyakarta, stasiun ini melayani kereta-kereta kecil atau kereta ekonomi saja. Stasiun lempuyangan di film “Java Heat” ini menjadi salah satu lokasi pengejaran antara polisi dan sindikat internasional tersebut.

Istana Tamansari

Taman Sari Yogyakarta atau Taman Sari Keraton Yogyakarta adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Yogyakarta, yang dibangun pada zaman Sultan Hamengku Buwono I (HB I) pada 1758-1765/9. Awalnya, taman yang mendapat sebutan “The Fragrant Garden” ini memiliki luas lebih dari 10 hektare dengan sekira 57 bangunan baik berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, maupun danau buatan beserta pulau buatan dan lorong bawah air.

Kebun yang digunakan secara efektif antara 1765-1812 ini pada mulanya membentang dari barat daya Kompleks Kedhaton sampai tenggara Kompleks Magangan. Namun saat ini, sisa-sisa bagian Taman Sari yang dapat dilihat hanyalah yang berada di barat daya kompleks Kedhaton saja.

Kompleks Taman Sari setidaknya dapat dibagi menjadi empat bagian. Bagian pertama adalah danau buatan yang terletak di sebelah barat. Bagian selanjutnya adalah bangunan yang berada di sebelah selatan danau buatan antara lain Pemandian Umbul Binangun. Bagian ketiga adalah Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati yang terletak di selatan bagian kedua. Bagian terakhir adalah bagian sebelah timur bagian pertama dan kedua dan meluas ke arah timur sampai tenggara kompleks Magangan.

Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah sebuah candi Budha yang terletak di kota Magelang, Jawa Tengah. Lokasi candi kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Budha Mahayana sekira tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra.

Monumen ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang di atasnya terdapat tiga pelataran melingkar, pada dindingnya dihiasi 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Budha. Borobudur kini masih digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan; tiap tahun umat Budha yang datang dari seluruh Indonesia dan mancanegara berkumpul di Borobudur untuk memperingati Trisuci Waisak. Dalam dunia pariwisata, Borobudur adalah obyek wisata tunggal di Indonesia yang paling banyak dikunjungi wisatawan. (dari berbagai sumber) (ftr)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s