Hal yang harus dilakukan saat Hamil

Standar

USAI menikah, hal terindah yang diinginkan pasangan suami istri adalah memiliki anak. Karenanya, perhatikan beberapa hal agar Anda bisa menjalani masa kehamilan yang aman dan sehat.

Berikut ini yang perlu Anda tahu saat pertama kali hamil, seperti dilansir Times of India, Selasa (7/2/2012).

Asam folat

Konsumsilah satu tablet asam folat setiap hari ketika tahu bahwa Anda hamil, dan lanjutkan sampai mengunjungi dokter.

Jangan sembarangan minum obat

Hindari obat tanpa resep dan beritahu dokter tentang kehamilan Anda sebelum mengambil obat apapun.

Prioritaskan kehamilan Anda

Jangan lewatkan agenda check-up kehamilan Anda Ikuti saran dokter. Katakan tidak untuk lembur. Perbanyak waktu istirahat.

Ikuti program prenatal (masa sebelum melahirkan)

Program-program prenatal mendidik Anda tentang diet, olahraga, dan menyusui. Mereka mempersiapkan Anda untuk melahirkan dan mengasuh anak, menghilangkan ketakutan, dan belajar dari pengalaman orang lain.

Makan yang benar

Lebih baik kudap makanan rumah daripada jajan di luar rumah. Pilih juga produk-produk olahan gandum ketimbang yang manis-manis karena banyak gula. Masaklah makanan di rumah dan buatlah jus buah asli segar. Serta minumlah susu ketimbang ngopi atau minum teh.

Latihan

Nikmati latihan-latihan santai seperti berjalan kaki, bersepeda, berenang, sepeda statis, atau yoga, kecuali dokter telah memberitahu Anda untuk tidak. Hindari beban berat dan jaga kestabilan hidrasi.

Pahami dan terima perubahan bentuk

Pahami dan terimalah perubahan bentuk yang akan Anda alami. Payudara Anda akan menjadi lebih besar, stretch mark sudah mulai muncul, dan berat badan Anda akan banyak bertambah. Terimalah dan nikmati kegembiraan menjadi ibu.

Pantau berat badan Anda

Peningkatan berat badan dimulai hanya dari bulan keempat. Kira-kira berat Anda akan bertambah 450 gram tiap pekan.

Kunjungi dokter gigi

Kehamilan membuat Anda rentan terhadap gusi berdarah dan penyakit gusi. Infeksi gigi jika tidak diobati, bahkan dapat memicu kelahiran prematur. Jadi, jagalah selalu kebersihan mulut dan patuhi jadwal kunjungan ke dokter gigi.

Manjakan diri

Beristirahatlah, kunjungi salon, pijat dan lebih “dengarkan” tubuh Anda. Jangan terlalu memaksakan hal-hal dikerjakan.

Berpakaian yang bijak

Pilih gaun longgar dengan alas kaki “teplek”. Pilih bra yang pas. Sering-sering ubah ukuran sesuai kebutuhan.

Hindari alkohol dan rokok

Merokok dan meminum alkohol adalah suatu hal yang sangat dilarang bagi ibu hamil. Jika Anda hamil atau sedang merencanakan kehamilan, berhentilah sekarang juga.

Waktu terbaik liburan

Pada trimester kedua (empat sampai enam bulan) adalah waktu paling aman untuk melakukan sebuah perjalanan. Bepergian jauh atau berlibur menggunakan jasa kereta lebih baik dibandingkan mengambil jalur udara atau menggunakan bus. Tapi hindari tempat-tempat kunjungan yang tidak memiliki akses mudah untuk perawatan medis.

Seks

Trimester kedua merupakan waktu paling aman untuk menikmati seks. Konsultasikan dengan dokter jika merasakan ada suatu ketidaknyamanan atau komplikasi yang mengharuskan Anda untuk abstain untuk berhubungan. Anda mungkin harus mengubah posisi untuk menghindari tekanan pada perut Anda.

Libatkan suami Anda

Biarkan pasangan menemani Anda ke dokter, membahas nama-nama bayi dan biarkan dia merasa gerakan bayi Anda. Jangan mengabaikan dia sehingga lebih termotivasi untuk memanjakan Anda.

Laporkan tanda-tanda peringatan

Laporkan ke dokter segera jika Anda mengalami sakit di bagian bawah perut, mengalami pendarahan, keluar cairan, atau bahkan jika gerakan bayi sangat sedikit sekali.

Pilih rumah sakit yang tepat

Pilih dokter kandungan yang dapat membuat Anda nyaman, pertimbangkan jarak rumah sakit dari rumah, tingkat kebersihan, ketersediaan dokter, dan fasilitas medis. Diskusikan anggaran dan fasilitas asuransi di muka. (tty)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s