Mencegah TBC

Standar

UNTUK terhindar dari tuberkulosis, masyarakat disarankan menjalani hidup bersih dan sehat. Alhasil, imunitas tubuh terjaga dengan baik. Pasalnya, tuberkulosis menyerang seseorang yang berdaya tahan tubuh lemah.

Kasubdit Penanggulangan Penyakit Tuberkulosis Kementerian Kesehatan, drg Dyah Erti Mustikawati MPH pada media workshop mengenai RB MDR di Hotel Acacia, Jakarta, Senin (27/2/2012), menjelaskan beberapa cara yang dapat diaplikasikan masyarakat guna menghindari penyakit menular tuberkulosis.

– Jalani pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, dan obat-obatan terlarang, demi menjaga sistem kekebalan tubuh.

“Jalanilah gaya hidup yang sehat. Orang yang menjalani gaya hidup sehat, otomatis dia akan menjaga asupan makanan sehingga tubuhnya memiliki nutrisi yang tercukupi. Sehingga daya tahan tubuhnya pun baik,” jelasnya.

Tak lupa Dyah juga berpesan kepada masyarakat untuk menghindarkan rokok. “Hindarilah rokok karena rokok dan tuberkulosis sangat berhubungan,” tandasnya.

– Rumah dan tempat bekerja harus mempunyai ventilasi cukup sehingga aliran udara lancar, serta paparan sinar matahari yang cukup.

Selain konsumsi makanan yang bernutrisi untuk menjaga imunitas, drg Dyah menjelaskan manfaat sinar matahari bagi pencegahan tuberkulosis.

“Ekspos terhadap sinar matahari bermanfaat untuk mematikan kuman yang ada dalam tubuh. Walaupun Anda adalah seseorang yang elit dan bersih. Tetapi jika Anda terus-menerus berada di ruangan tertutup, terlebih yang ber-AC dan kemudian secara tidak sengaja berpapasan dengan orang yang tuberkulosis, memungkinkan Anda terkena. Apalagi jika daya tahan tubuh sedang lemah,” jelasnya.

– Tidak sembarangan membuang dahak dan ludah

Guna menghindari penyebaran, pasien tuberkulosis harus memiliki etika batuk dan meludah.

“Kalau batuk harus ditutupi. Sekali batuk, kuman yang berjumlah banyak itu dapat terhirup orang lain. Pakailah masker untuk melindungi, supaya tidak menyebarkan kuman-kuman dari tubuhnya. Demikian juga ketika meludah. Haruslah pada tempat yang sekiranya tidak memungkinkan kuman dapat tersebar melalui udara,” paparnya.

– Menjaga kebersihan tangan

Cuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun. Serta bersihkan dengan cairan berbasis alkohol.

Dr Arifin Nawas Sp(P) menambahkan, salah satu cara pencegahan tuberkulosis dengan rajin mencuci tangan.

“Tangan adalah anggota tubuh paling mudah dan banyak menyimpan bakteri. Karena menggunakan tangan, banyak sekali yang kita sentuh. Entah itu memegang suatu benda yang tidak bersih ataupun berjabat tangan dengan orang yang tidak higienis. Dari bakteri yang ada di tangan, seseorang akan mudah terserang kuman dan berdampak pada kekebalan daya tahan tubuh,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s