Anak Jangan Minum Susu saat akan tidur

Standar

GIGI berlubang tak hanya dialami oleh orang dewasa saja. Anak usia sekolah pun sudah banyak yang mengalami gigi berlubang. Lantas, apa penyebab gigi anak berlubang?

Ternyata, anak berpeluang mengalami sakit gigi karena berlubang dimulai ketika masih bayi. Peluang lubang pada gigi dimulai saat penerapan minum susu di botol yang kurang tepat.

“Minum susu di botol sambil bayi atau anak tertidur dapat menyebabkan potensi gigi berlubang. Susu kalau dibiarkan merendam gigi (saat minum susu di botol dan anak tertidur) dan bertemu kuman akan menjadi asam. Itu sama seperti kita menyediakan asam susu di dalam mulut bayi atau anak kita. Alhasil permukaan lapisan gigi anak-anak akan rusak jika punya kebiasaan minum susu dalam botol sambil tidur. Gigi akan mengalami pengikisan. Biasanya terjadi pada gigi geraham,” tutur Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI), Drg Zaura Rini Anggraeni dalam acara “40 Tahun Kemitraan Pepsodent dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia” di Restoran Penang Bistro Kebon Sirih, Jakarta, Kamis (1/3/2012).

Solusinya, tambahnya, beri anak susu pada saatnya meminum susu, bukan ketika anak hendak tidur. Sedangkan pada bayi, setelah meminum air susu ibu, biasakan bersihkan giginya yang baru saja tumbuh, atau gusinya dengan kapas atau kassa lembut yang sudah dibasahi.

Berikut kiat-kiat hindari anak dari gigi berlubang dari Ketua PB PDGI Drg Zaura Rini Anggraeni:

Minum susu tepat waktu

Ibu yang mempunyai anak bayi atau anak kecil, baiknya saat minum susu ya minum susu. Jangan sampai dia ngedot minum susu sampai dia tertidur. Kalau perlu didudukkan.

Perhatikan posisi ibu saat beri ASI

Saat memberikan ASI, baiknya ibu dalam posisi duduk, jangan sampai tiduran terus dibiarkan anak itu menghisap sampai tidur dan lama. Itu akibatnya susu yang tertinggal akan menjadi asam.

Jangan tambahkan gula pada susu

Kalau memberikan susu dalam botol (bukan ASI) jangan diberikan gula tambahan.

Bilas botol dengan air putih

Setelah selesai, botol susunya dibilas dengan air. Jadi anak ngedot air putih, jadi semacam dibilas.

Bersihkan gusi dan gigi anak usai menyusu

Lebih bagus lagi pada gigi yang sudah tumbuh atau baru tumbuh, walaupun hanya satu giginya. Biasakan dibersihkan dengan pembersih seperti kapas yang lembut, kassa, atau kain lembut. Lidahnya dan tepi-tepi dari bibir juga dibersihkan, sehingga anak dari kecil terbiasa rongga mulutnya sudah dibersihkan. (tty)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s