Penyebab Bayi Lahir Cacat

Standar

INILAH.COM,Jakarta – Kehamilan merupakan proses alami bagi wanita. Dan, sebagai seorang Ibu kita pasti menginginkan bayi lahir dengan sehat dan sempurna, tanpa cacat.
Studi menemukan perempuan yang ingin hamil terutama yang menggunakan obat untuk kondisi kronis harus memiliki rencana yang baik. Hal ini karena beberapa obat diketahui menyebabkan cacat lahir.
“Hal terbaik bagi perempuan, untuk semua perempuan adalah merencanakan kehamilan mereka,” ujar Dr Diane Ashton, wakil direktur medis March of Dimes, seperti dikutip dari HealhtDay.
Dr Ashton menuturkan setiap perempuan harus berbicara terlebih dahulu dengan dokter tentang rencananya untuk hamil dan memiliki anak. Hal ini karena jika kondisinya membutuhkan pengobatan tertentu maka bisa dicari waktu ideal untuk mengubah obat-obatan dengan yang berisiko lebih kecil, sehingga ibu dalam kondisi yang lebih stabil.
Namun kadang kala sesuatu terjadi di saat hamil yang menyebabkan anak dilahirkan dengan masalah serius. Sebagai kaum ibu kita perlu mengetahui beberapa faktor penyebab bayi dilahirkan cacat atau tidak sempurna. Apa saja ?
Infeksi Teksoplasma
Teksoplasma adalah salah satu penyakit yang ditularkan oleh kucing kepada manusia. Penyebabnya adalah parasit Teksoplasma gondii. Proses penyebarannya bisa dari berbagai macam cara namun yang sering kita jumpai parasit ini tersebar melalui makanan.
Untuk memastikan seseorang mengidap firus ini bisa dilakukan dengan pengecekan darah. Infeksi ini biasanya terjadi pada 12 minggu pertama kehamilan dapat menyebabkan cacat badan, mata dan organ lain.
Turunan
Beberapa penyakit bisa diwariskan oleh orangtua yang membawa kelainan gen tertentu, misalnya thalassemia. Pemeriksaan medis atau medical check up kadang diperlukan saat hendak menikah, salah satu tujuannya untuk menghindari persilangan 2 gen pembawa penyakit atau kecacatan.
Perkawinan sedarah
Risiko kelainan genetik yang diturunkan ke anak akan semakin besar pada perkawinan sedarah. Sebagai contoh pada zaman dahulu, keluarga kerajaan di Eropa banyak yang meninggal karena hemofilia atau darah susah membeku sebagai akibat dari inbreeding atau perkawinan antar kerabat dekat.
Merkuri
Ini info penting bagi mereka yang gemar makan permen karet da memiliki gigi yang sudah di tambal,Pasalnya ketika mereka mengunyah amalgam ikut terkikis. Amalgam memiliki kadar merkuri yang salah satu memiliki logam berat penyebab kanker dan cacat janin.
Obat-obatan
Khusus Di Amerika obat yang dapat menyebabkan cacat janin antara lain obat pereda nyeri. Obat anti radang , Anti biotika , Zat besi, Obat Maag, dan obat penenang. Obat tersebut bisa menembus plasenta dan berpengaruh buruk terhadap janin.
Kelainan kromosom
Kecacatatan bayi juga bisa disebabkan dengan kelainan kromosom, Penyakit pada ibu seperti diabetes melitus, kecanduan alkohol, serta riwayat bawaan pada keluarga .
Kurang nutrisi
gizi buruk banyak menyebabkan gangguan kehamilan dan kelahiran bayi cacat terutama di beberapa negara miskin. Kekurangan vitamin A, B, K, kalsium, yodium, magnesium, asam folat, tiamin, dan riboflavin terbukti menimbulkan cacat pada bayi.
Kekurangan jenis tiap nutrisi memberikan efek cacat yang berbeda-beda, tetapi secara umum malnutrisi menyebabkan bayi cacat jantung, kaki pincang, bibir sumbuing, hidrisefalus, kerdil, buta, cuping telinga melengkung, dan keterbelakangan mental.
Bahkan malnutrisi juga dapat menyebabkan kegagalan janin, hal ini sangat banyak terjadi pada wilayah-wilayah yang mengalami krisis ekonomi dan pangan.
Alkohol dan rokok.
Dua barang ini sejak lama telah terbukti secara medis menimbulkan banyak gangguan kehamilan bahkan menyebabkan bayi cacat bawaan. Alkohol bersifat teratogen atau mampu menimbulkan gangguan pada perkembangan embrio janin sehingga bayi lahir dengan fisik yang tidak sempurna. Janin yang terpapar alkohol beresiko mengalami Fetal Alcohol Syndrome (FAS), yaitu sindrom yang menyebabkan kelainan pada fisik dan otak bayi.
Di Amerika alkohol merupakan penyebab utama bayi lahir cacat dari ibu usia 18-44 tahun yang mengkonsumsi alkohol. Alkohol yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan masuk ke dalam tubuh janin melalui plasenta, yang kemudian merusak perkembangan janin terutama organ otak, pada kondisi yang parah bahkan dapat menyebabkan kegagalan janin.
Jenis cacat akibat FAS dapat beraneka ragam, beberapa di antaranya yaitu ukuran kepala bayi kecil, gangguan pendengaran, kerusakan organ hati, gangguan penglihatan, dan cacat fisik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s