Turunkan Kolesterol dengan Susu Kambing

Standar

Menikmati santapan “berat” seperti sate dan sop kambing, sudah menjadi tradisi masyarakat kita untuk menandai suatu perayaan besar. Saat lebaran ini misalnya. Namun, bahaya kolesterol juga harus menjadi pertimbangan untuk kesehatan tubuh.

Nah, ternyata susu kambing bisa menjadi “obat” penawar kolesterol jahat yang mengintai. Ini karena susu kandungan kalsiumnya yang tinggi. Juga fosfor, kalium, riboflavin, vitamin A, kolin, magnesium, dan kandungan bermanfaat lainnya. Namun yang jadi pertanyaan, bagiamana cara susu kambing menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh ?

Semua produk susu, kecuali susu kambing, memiliki kandungan agglutinin. Protein yang menyebabkan lemak susu menjadi menggumpal. American Journal of Clinical Nutrition pun juga mencatatkan jika susu kambing mengandung trigliserida rantai menengah, yang memungkinkan kolesterol tidak meningkat. Berikut cara memilih produk kambing yang bersahabat, seperti dilansir Livestrong.

Pilih susu kambing rendah lemak

Walau susu kambing dapat menghasilkan kualitas susu terbaik dengan daya serap tinggi, namun Anda tetap harus memerhatikan kandungan lemak dalam susu tersebut. Susu kambing memang mengandung lebih banyak lemak jenuh dibandingkan susu lemak pada sapi.

Akan tetapi, jika Anda memilih menggunakan kadar lemak yang lebih rendah, tentu akan memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh Anda. Untuk menurunkan kolesterol, Anda dapat mengkonsumsi dua sampai tiga porsi susu ini dalam sehari.

Konsumsi keju kambing

Jika biasanya Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan pemicu meningkatnya kolesterol, cobalanya untuk menurunkannya dengan mengonsumsi keju kambing. Teksturnya mirip dengan keju pada umumnya, hanya saja aroma dan rasanya sangat khas.

Ini dikarenakan proses pembuatannya yang terbilang cukup unik, yaitu dengan membiarkan susu segar didiamkan menental secara alami, kemudian barulah dilakukan proses pengeringan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s