Jalur Alternatif Puncak

Standar

TEMPO.CO, Bogor – Kepolisian Resor Bogor mengimbau masyarakat Jakarta, Bogor, Depok,Tanggerang, dan Bekasi untuk menggunakan jalan alternatif menuju Puncak, Bogor, Jawa Barat. Hal itu untuk menghindari kemacetan saat penutupan total jalur Puncak pada malam pergantian tahun 2012, mulai Senin, 31 Desember 2012, pukul 18.00 hingga Selasa, 1 Januari 2013, pukul 06.00.

Menurut Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Bogor, Ajun Komisaris Edwin Affandi, ada dua jalur alternatif untuk menghindari kemacetan di Jalur Puncak, yakni Jalan Raya Cibubur-Transyogi tembus Cipanas Cianjur dan Jalan Raya Bogor-Sukabumi tembus di Cipanas.

“Kalau tidak ingin terjebak kemacetan, silakan lewat jalur utama Puncak sebelum jalur ditutup. Tapi kami imbau untuk tetap tertib berlalu lintas. Budaya antre dijaga,” kata Kasat Lantas di Pos Polisi II B, Gadog, Ciawi, Bogor, Ahad, 30 Desember 2012.

Sebelumnya, Polres Bogor telah memastikan akan menutup total jalur Puncak saat menjelang malam pergantian tahun baru 2013. Jalur ditutup mulai Senin, 31 Desember 2012, pukul 18.00 hingga Selasa, 1 Januari 2013, pukul 06.00.

Kepala Bagian Operasional (Kabagops) Polres Bogor, Komisaris Zulkarnaen Harahap, mengatakan, jadwal penutupan tersebut berlaku hanya untuk kendaraan roda empat. Untuk roda dua masih bisa lewat, hanya saja akan diperketat pengaturannya.

“Saat penutupan jalur diberlakukan, sebaiknya pengendara roda empat menggunakan dua jalur alternatif. Dari arah Jakarta bisa melalui Cibubur via Jalan Transyogi-Jonggol tembus ke Puncak, Cipanas, Kabupaten Cianjur,” tutur Zulkarnaen.

Sedangkan kendaraan dari arah Bogor atau Ciawi, jika ingin ke Puncak bisa melewati jalur Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi). Namun, pengemudi diminta waspada saat melewati dua jalur alternatif tersebut. “Sebab, kapasitas jalannya sempit, sehingga rawan kecelakaan dan macet.”

Polres Bogor menyarankan warga Jabodetabek yang hendak menghabiskan libur panjang malam pergantian tahun untuk berangkat dari rumah pada pagi atau siang hari sebelum jalur Puncak ditutup.

“Untuk mengamankan jalur Puncak saat pergantian tahun kami mengerahkan 2/3 jumlah personel Polres Bogor, dibantu petugas gabungan dari Brimob Polda Jawa Barat, TNI, DLLAJ, Satpol PP, dan instansi terkait lainnya,” ujar Zulkarnaen.

Terkait dengan sosialisasi penutupan jalur, Polres Bogor bekerja sama dengan PT Jasa Marga memasang tujuh rambu tanda pengalihan arus jalur alternatif di sejumlah titik, dari Kilometer 5 Tol Jagorawi hingga ke Gadog, Ciawi. Sehingga diharapkan tak ada lagi warga yang kebingungan mencari jalur alternatif menuju Puncak. Baca update jalur Puncak di sini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s