Menghilangkan Bau pada Kulkas

Standar

Berbagai macam makanan dan minuman kita masukkan ke kulkas agar menjadi dingin atau lebih awet. Namun, seringkali kulkas yang lama tak dibersihkan atau makanan beraroma menyengat membuat kulkas berbau tak sedap.

Di supermarket ada beberapa produk penghilang bau kulkas. Sebenarnya, Anda tak perlu repot-repot membeli produk tersebut. Ada barang yang lebih murah dan tersedia di dapur Anda, yakni soda kue.

“Soda kue tak hanya mencegah kulkas berbau, tapi juga mencegah rasa makanan terkontaminasi silang,” ujar Aida Mollenkamp, pakar kuliner dari Amerika Serikat, seperti dilansir Yahoo! (17/07/13). Artinya, sisa lauk tak akan berbau nangka karena sama-sama disimpan di kulkas.

Pengarang buku The Naturally Clean Home, Karyn Siegel-Maier, menjelaskan lebih jauh tentang manfaat soda kue. Soda kue atau sodium bikarbonat bersifat amfoterik. Artinya, zat kimia ini mengandung molekul yang bereaksi dengan molekul lain yang bersifat asam atau alkaline.

Ketika makanan mulai berubah di kulkas, gas bau dan bersifat asam yang disebut hidrogen sulfida dan metana dilepas. “Ion dalam soda kue menangkap molekul tersebut dan menetralkannya sehingga tak begitu berbau menyengat,” jelas Siegel-Maier.

Bagaimanapun juga, soda kue memiliki batas pemakaian. “Sekotak soda kue efektif menghilangkan bau selama 30-45 hari. Tentu saja, tak ada yang mengalahkan membersihkan sisa makanan (di kulkas) secara rutin,” kata Siegel-Maier.

Simpan soda kue di wadah terbuka dan masukkan ke kulkas untuk menyerap bau. Jangan lupa catat tanggalnya untuk memudahkan penggantian setiap bulan.

Ingat, jangan pakai soda kue yang sudah dimasukkan ke kulkas untuk membuat kue. Nanti kuenya jadi berbau aneh! Pisahkan soda kue yang akan dipakai untuk membuat kue dan untuk menyerap bau kulkas.

Selain soda kue, arang dan bubuk kopi juga bisa dipakai untuk menghilangkan bau tak sedap dari kulkas. “Akan lebih efektif jika Anda menambahkan sedikit ekstrak vanili (ke bubuk kopi),” saran Siegel-Maier.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s